Twitter: Indonesia nomor tiga di dunia

Bill Gates di Twitter Setelah tercatat sebagai pemakai Facebook terbesar kedua di dunia, Indonesia kini menjadi pemakai terbesar ketiga Twitter setelah AS dan Jepang.

Inilah salah satu hasil penelitian yang dilakukan oleh perusahaan riset internet yang berkantor di Paris, Semiocast, yang diterbitkan hari Senin (05/7).

Penelitian ini menunjukkan bahwa Asia sekarang mengambil alih posisi AS sebagai kawasan yang paling aktif di dunia dalam menggunakan Twitter.

Angka-angka yang dikumpulkan Semiocast memperlihatkan pengguna Asia saat ini mengirimkan 37% dari 96 juta pesan pendek, atau tweet, di seluruh dunia setiap hari.

Kiriman pesan dari pemakai di Amerika Utara hanya 31% dari total per hari, menurun dari 36% tiga bulan lampau. Pangsa Asia meningkat dari 31,5% pada bulan Maret.

Pemicu popularitas

Menurut Semiocast, penyebaran telefon model terbaru di Asia dan layanan bahasa Jepang oleh Twitter diduga ikut berperan dalam peningkatan jumlah pengguna jejaring sosial mirko itu.

Di Korea, situs jejaring sosial termasuk Twitter dan Facebook mulai populer setelah pemasaran iPhone Apple tahun lalu. Kemudian, distribusi telefon canggih buatan lokal seperti Samsung, LG dan alat-alat teknologi canggih lainnya membuat situs itu lebih populer lagi.

Layanan bahasa Jepang di Twitter dimulai pada tahun 2008. Penggunaan bahasa Jepang inilah yang membuat situs itu menjadi booming di negara ini, kata para analis. Mereka mengatakan, pengenalan huruf Jepang adalah faktor utama popularitas jejaring sosial tersebut.

Konferensi Twitter Ketika Jepang bertanding melawan Denmark pada pembukaan Piala Dunia di Afrika Selatan belum lama ini, sebanyak 3.283 pesan dikirimkan setiap detik melalui Twitter bahasa Jepang, menurut persuahan riset Nielsen Company.

Sekarang ini, semakin banyak selebriti dan politisi serta perusahaan yang mengirimkan pesan pendek ke para pengikut mereka.

Di seluruh dunia ada 150 juta pelanggan Twitter, dan rata-rata 330.000 pengguna internet mendaftarkan diri sebagai anggota baru, tiap hari.

Dalam urutan dunia, Amerika Serikat masih berada di urutan pertama sebagai pengguna Twitter, diikuti oleh Jepang, Indonesia, Brazil dan Inggris. Korea Selatan di posisi ketujuh.

Untuk peringkat Asia, Jepang paling banyak mengirimkan tweet, diikuti oleh Indonesia, Korea dan India.

0 Response to "Twitter: Indonesia nomor tiga di dunia"

Post a Comment

Entri Populer

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme