Twitter pesat di Indonesia

Tingkat penetrasi jejaring sosial Twitter di Indonesia adalah yang tertinggi di dunia, kata perusahaan pemasaran ComScore.
Menurut laporan Comsore, sekitar 20% pengguna internet di Indonesia mengunjungi situs Twitter.com pada bulan Juni disusul oleh Brasil dan Venezuela.
Namun pakar teknologi informasi dari ITB, Budi Rahardjo, meragukan bila dari segi pengguna Twitter maka Indonesia juga yang terbesar di dunia karena jumlah pengguna terbesar masih diduduki Amerika serikat.
Bagaimanapun Budi Rahardjo mengakui kalau Twitter memang populer di Indonesia.
"Kalau di Indonesia sekarang Twiter banyak digunakan untuk menceritakan status tetapi ada juga orang yang mulai sedikit banyak bercerita secara sepotong-potong dengan menggunakan Twitter. Kebanyakan menceritakan status dan opini unek-unek pribadi," kata Budi Rahardjo kepada BBC Indonesia.

Pergeseran

Sebagian besar pengguna internet di Indonesia mengakses internet dengan menggunakan telpon genggam sehingga memudahkan orang menggunakan media sosial seperti Twitter.
"Nah Twitter ini salah satu aplikasi yang ringkas sehingga kalau di telepon genggam sangat cepat dan mudah digunakan. Kemudian ada banyak aplikasi pendukung di telepon genggam. Sebagai contoh Blackberry sudah ada aplikasi built-in untuk Twitternya," tambah Rahardjo.
Menurut dosen ITB ini, fungsi telpon genggam di Indonesia telah mengalami pergesaran dari untuk panggilan suara menjadi alat komunikasi data khususnya bersosialisasi dengan jejaring sosial.
Salah satu pemilik telpon genggam yang mengaku aktif menggunakan Twitter adalah Cempaka, seorang mahasiswa di Jakarta.
"Apa yang saya lakukan saya tulis. Kadang-kadang keluh kesah, curhat di Twitter tetapi tidak secara vulgar," kata Cempaka.
Dia mengaku rata-rata menggunakan Twitter sepuluh kali sehari dengan biaya langganan data Rp 150.000 per bulan.

0 Response to "Twitter pesat di Indonesia"

Post a Comment

Entri Populer

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme