Mengenal motif pembelian masyarakat
Strategi marketing secara umum harus dilandasi dari pemahaman manager marketing dan direktur pemasaran dalam memahami pentingnya arti motif pembelian pelanggan. Karena dengan memahaminya kita dapat menentukan implementasi strategi marketing yang baik untuk perusahaan mulai dari memproduksi suatu barang, promosi, event ataupun sponsorship.
Secara mendasar AH. Maslow, USA, telah menyusun sebuah hirarki keinginan manusia dalam 5 tingkatan:
1. Fisik (Biologis)
• Keinginan manusia yang bersifat fisik seperti makan, minum, seks, dsb.
• Keinginan manusia memiliki rasa aman seperti keamanan, perlindungan dan stabilitas keluarga.
2. Sosial
• Keinginan untuk memiliki dan cinta seperti kesenangan, kebahagiaan, kasih sayang, dsb.
• Keinginan manusia untuk memeperoleh penghargaan seperti prestise, kehormatan dan kedudukan.
3. Keterlibatan Diri
• Keinginan akan kenyataan diri seperti melakukan apa yang cocok.
AH. Maslow, menggambarkan tingkat keinginan manusia yang utama dan mesti di penuhi adalah pada tingkatan fisik yaitu pemenuhan kebutuhan sehari-hari manusia. Selanjutnya setelah keinginan fisik terpenuhi maka akan melangkah kepada keinginan selanjutnya dan seterusnya sampai yang kelima.
Dengan kita memahami prioritas keinginan manusia yang mendasar ini diharapkan kita akan dapat menemukan langkah-langkah dalam pencapaian strategi marketing khususnya dalam mengenali motif pembelian pelanggan.
0 Response to "Mengenal motif pembelian masyarakat"
Post a Comment