Riset Pemasaran dgn SPSS
Friday, September 17, 2010
Freestyle Blogger
, Posted in
Penelitian
,
0 Comments
DEFINISI
1.1. Definisi
Proses yang objektif dan sistematis dalam mengumpulkan informasi yang digunakan untuk membantu dalam membuat keputusan yang berhubungan dengan pemasaran (tidak berfungsi sebagai pengganti dalam membuat keputusan manajemen).
Berkaitan dengan konsep pemasaran, riset pemasaran:
Berorientasi pada konsumen.
Mendapatkan keuntungan dalam jangka panjang, tidak semata-mata untuk meningkatkan volume penjualan
Mengintegrasikan dan mengkoordinasi pemasaran dengan fungsi perusahaan.
1.2. Peranan
Riset pemasaran mempunyai beberapa peran, diantaranya ialah :
- Merupakan cara yang efektif untuk menentukan produk atau layanan (baru) yang laku jual. Contoh: melakukan survai kebutuhan jenis minuman energi baru, misalnya Ekstra Joss, Hemaviton, Lipovitan, dll.
- Merupakan sarana manajemen yang efektif dan efisien. Contoh, untuk memutuskan apakah harga suatu produk akan dinaikkan atau tidak.
- Merupakan sarana yang baik secara metodologi dan statistik.
- Merupakan proses ilmiah yang bersifat netral dan memberikan hasil yang tidak bias/valid.
- Merupakan sarana mendekatkan perusahaan dengan konsumen atau promosi secara halus.
1.3. Tahapan dalam Melakukan Riset Pemasaran
Tahapan dalam melakukan riset pemasaran ialah :
1. Mendefinisikan masalah,
2. Mengembangkan pendekatan masalah yang diteliti,
3. Menformulasikan desain riset,
4. Mengumpulkan data,
5. Mengolah dan menganalisis data,
6. Membuat laporan dan mempresentasikan.
1.4. Klasifikasi Riset Pemasaran
Klasifikasi dalam riset pemasaran dapat dilihat dalam gambar di bawah ini :
Gambar 1.1. Klasifikasi Riset Pemasaran
Riset Pemasaran dgn SPSS full teks
0 Response to "Riset Pemasaran dgn SPSS"
Post a Comment