Start With B

Above the line
Kegiatan pemasaran dengan menggunakan salah satu atau beberapa media utama: print media, televisi, radio, poster, billboard dan lain-lain
Accelerated Test Marketing
Tes pasar dengan cara menggunakan teknik simulasi di toko atau supermarket. Biasa dilakukan untuk barang konsumsi. Juga disebut sebagai laboratory test atau purchase laboratory.
Accelerator Principle
Peristiwa dimana ketika terjadi kenaikan/penurunan terhadap permintaan sebuah produk akan menyebabkan kenaikan/penurunan permintaan produk lain yang terkait dengan  produk tersebut. Misalnya kenaikan permintaan dari mobil akan mendorong kenaikan permintaan dari ban mobil dan mendorong pula kenaikan permintaan dari industri karet.
Access Barriers
Hambatan yang membuat konsumen tidak bisa membeli atau mengkonsumsi barang/jasa tertentu. Misalnya ketentuan atau peraturan, jarak tempat pembelian yang terlalu sulit dijangkau, dan lain-lain.
Accessibility
Kemampuan diakses. Merupakan salah satu syarat dalam pembentukan segmentasi. Artinya pemilihan segmen yang baik harus mempertimbangkan bahwa target dari segmen tersebut mudah dijangkau, baik melalui promosi maupun distribusi.
Account Executive
Istilah lain yang dipergunakan untuk Sales Representative. Bertanggung jawab untuk mengelola account dari pelanggan tertentu.
Ad Copy
Teks tertulis atau kata-kata yang diucapkan dalam sebuah iklan.
Account Manager
Manager yang bertanggung jawab pada grup account utama (major account)
Account Objectives
Tujuan atau sasaran penjualan yang ingin dicapai pada periode tertentu terhadap account/pelanggan tertentu. Misalnya tahun ini sang Sales Rep ditargetkan untuk memperoleh pemasukan dari pelanggan A sebesar 50 juta rupiah.
Account Penetration Ratio
Pengukuran yang biasanya dipergunakan untuk mengevaluasi seorang tenaga penjual. Merupakan persentase keberhasilan memperoleh order dari prospek yang dikejar.
Account Representative
Seorang tenaga penjual yang bertanggung jawab terhadap satu atau beberapa major account tertentu.
Action Plan
Sering disebut sebagai action program. Berisikan rencana pemasaran yang detil seperti misalnya cara/implementasi dari rencana pemasaran, siapa yang akan menjalankan dan kapan waktunya.
Actionability
Merupakan salah satu syarat dalam pembentukan segmentasi. Artinya pemilihan segmen yang baik harus mempertimbangkan bahwa perusahaan dapat menjalankan langkah pemasaran untuk target segmen tersebut. Syarat yang lain adalah  Accessibility; Measurability; Substantiality.
Activity Reports
Laporan detil dari seorang penjual  yang berisikan hal-hal seperti berapa kali si penjual melakukan kontak dengan prospek, berapa pelanggan baru yang diperoleh, dll. Tujuannya untuk mengukur aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan penjual pada sebuah periode waktu tertentu.
Actual Product
Bentuk nyata dari produk, termasuk fitur-fitur, merek, packaging, dll. Sering juga disebut sebagai tangible product. Merupakan salah satu dari lingkaran derajat produk (Kotler). Lihat juga Augmented Product dan Core Product.
Ad Hoc Marketing Research
Riset pemasaran yang hanya dijalankan pada satu waktu saja (tidak berkala)
Adaptation Approach to Pricing
Pendekatan dalam global marketing dimana perusahaan induk memberi kebebasan kepada cabangnya di luar negeri untuk membuat kebijakan harga sendiri yang sesuai dengan kondisi pasarnya masing-masing.
Added Value
Nilai lebih yang tercipta dari sebuah produk karena adanya hal-hal lain yang melekat dalam produk tersebut. Misalnya fitur-fiturnya, eksklusifitas dari produk tersebut, kualitas, dll.
Administered Prices
Serangkaian langkah untuk mencapai proses pengambilan keputusan dalam pembelian. Meliputi tahap awareness, interest, evaluasi, trial and reject dan adopsi.
Adoption Process
Serangkaian langkah untuk mencapai proses pengambilan keputusan dalam pembelian. Meliputi tahap awareness, interest, evaluasi, trial and reject dan adopsi.
Adoption Rate Determinants
Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat adopsi  konsumen dari sebuah produk baru. Misalnya komunikasi, kemudahan penggunaan, kompleksitas, dll.
Advantage Matrix
Salah satu perangkat dalam pembuatan rencana pemasaran yang dipopulerkan oleh Boston Consulting Group. Digunakan untuk melihat apakah perusahaan telah menjalankan secara optimal competitive strategy.
Adversarial Shopper
Konsumen yang selalu mencari nilai dari sebuah produk didasarkan pada harga. Semakin rendah harga semakin bernilai bagi konsumen. Konsumen semacam ini biasanya senang melakukan tawar menawar untuk memperoleh harga yang termurah baginya.
Advertising Agency
Perusahaan yang memiliki spesialisasi dalam merancang dan menjalankan promosi atau kampanye dari kliennya. Membuat desain dan melakukan penempatan dari iklan sang klien adalah tugas utama yang biasanya dijalankan oleh Advertising Agency.
Advertising Allowance
Diskon yang diberikan oleh supplier kepada retailer karena si retailer menampilkan merek atau produk supplier dalam sarana promosi retailer seperti katalog, televisi, print media, dll.
Advertising Budget
Budget atau rancangan biaya yang dibuat sehubungan dengan pengeluaran untuk iklan.
Advertising Plan
Sebuah garis besar akan tujuan apa yang harus dicapai oleh suatu kampanye periklanan, bagaimana mencapai tujuan tersebut, dan bagaimana menentukan apakah kampanye periklanan tersebut sukses atau tidak dalam mencapai tujuannya.
Advertising Research
Riset yang dilakukan untuk mengembangkan kegunaan iklan. Riset tersebut bisa difokuskan pada iklan tertentu, atau bisa juga diarahkan pada pengertian yang lebih umum tentang bagaimana iklan bekerja atau bagaimana konsumen bisa memanfaatkan informasi yang disampaikan iklan. Hal tersebut memerlukan berbagai pendekatan dalam riset yang dilakukan, termasuk secara psikologis, sosiologi, ekonomi dan dari sudut pandang yang lain.
Advertorial
Sebuah iklan yang berpenampilan seperti artikel berita atau editorial yang dimuat dalam suatu media cetak.
Affiliate
Afiliasi bisa berupa suatu penerbit atau tenaga penjual yang tergabung dalam suatu asosiasi atau afiliasi pemasaran. Afiliasi mampu mendistribusikan produk dari suatu perusahaan sebagai jasa. Sumber daya yang dimiliki afiliasi biasanya berasal dari database, lalu lintas situs-situs Internet, atau daftar email yang sudah dikumpulkan.
Affiliate Marketing
Pembagian revenue antara pihak pengiklan atau pedagang online dengan penerbit atau tenaga penjual online, yang biasanya berupa penjualan, jumlah klik, registrasi atau gabungan dari semuanya. Istilah ini dikenal juga dengan Associate Marketing.
Account Planner
Divisi dalam biro iklan yang bertugas melayani klien, brand dan biro iklan. Account Planner memberikan komitmen penuh dalam pemahaman dan pengembangan komunikasi sebuah brand, mulai dari analisa, strategi, taktik, hingga analisa dampak iklan. Account Planner kadang disebut juga Brand Planner.
Add-on
Aksesori tambahan, bagian pengganti, atau versi premium dari produk atau jasa yang ditawarkan pada pembeli.
Advertisement
Advertisement adalah iklan. Ini merupakan bentuk pesan periklanan pada media massa, baik pada media cetak, audio, audio-visual, elektronik. Kini sudah banyak juga iklan yang sifatnya interaktif.
Advertising
Advertising adalah periklanan. Salah satu bentuk promosi yang menggunakan media tertentu untuk menyampaikan pesan dan berkomunikasi dengan konsumen, baik bersifat komersial maupun non-komersial.
Advertising Agency
Suatu biro iklan yang membuat dan menerapkan suatu kampanye iklan untuk suatu brand.
AIDA
Attention, Interest, Desire, Action. Suatu tingkatan respons yang diterima oleh konsumen pada saat menerima suatu pesan. Ditemukan oleh St. Elmo Lewis (1898).
Account Management Policies
Kebijakan yang menjelaskan siapa yang harus dihubungi tenaga penjual, aktivitas menjual dan pelayanan pelanggan seperti apa yang harus diterapkan, serta bagaimana semuanya harus dilakukan.

0 Response to "Start With B"

Post a Comment

Entri Populer

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme