Tip Jitu Pemasaran UKM

Esensi dari pemasaran adalah memahami kebutuhan pelanggan dan membuat rencana pemasaran yang berisikan tentang bagaimana memenuhi kebutuhan tersebut. Cara terbaik mengembangkan bisnis adalah memfokuskan diri pada pertumbuhan perusahaan.

Anda dapat meningkatkan pertumbuhan perusahaan anda dengan cara:

1. Menggaet lebih banyak pelanggan baru
2. Menarik pelanggan untuk membeli lebih banyak
3. Menarik pelanggan untuk membeli produk yang lebih mahal (sehingga marginnya lebih besar)
4. Menarik pelanggan untuk membeli produk yang lebih menguntungkan.
5. Menarik pelanggan untuk membeli lebih sering


Dalam tulisan ini saya hanya akan fokus pada poin pertama yaitu menggaet lebih banyak pelanggan baru. Langkah-langkah yang dapat dilakukan adalah sbb:

1. Lakukan riset kecil-kecilan dan buatlah rencana pemasaran

2. Arahkan pengembangan produk untuk menarik pelanggan yang belum anda garap

3. Buatlah harga yang kompetitif

4. Buat pesan dan materi pemasaran berdasarkan solution marketing


Pemasaran UKM dan perusahaan besar sangat jauh berbeda. Kesalahan terbasar dari pelaku UKM adalah mencaplok mentah-mentah strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan besar yang bermodal sangat besar untuk diterapkan di perusahaan kecil.



UKM biasanya tidak mempunyai budget untuk pemasaran kalaupun ada biasanya sangat terbatas. Oleh karena itu dituntut kreatifitas yang lebih yaitu dengan mencari cara memasarkan produk atau jasa yang tidak memerlukan biaya atau yang berbiaya rendah. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan:



1. Kumpulkan supplier/ vendor dan minta mereka mengadakan co-op marketing. Yakinkan mereka bahwa perusahaan anda akan berkembang dengan pesat jika mereka dapat membantu dalam pemasaran yang pada gilirannya akan menguntungkan supplier/ vendor. Misalnya, anda bisa mencantumkan logo perusahaan supplier anda dalam materi menasaran (kaos, brosur, x-banner, dll) anda sehingga biaya akan ditanggung bersama atau semua dari supplier. Buatlah proposal, cantumkan rencana pemasaran dan target penjualan anda serta prediksi quantitas pembelian bahan baku yang akan anda beli dari supplier/ vendor.

2. Minta referral kepada pelanggan anda (existing). Buatlah suatu skema, misalnya, jika orang yang direferensikan oleh mereka membeli dari anda, mereka akan mendapatkan insentif tertentu, sehingga mereka akan dengan senang hati memberikan referensi sebanyak-banyaknya.

3. Buat produk unik supaya dapat sorotan media. Produk yang unik tersebut ditujukan hanya sebagai umpan untuk membuat calon pelanggan penasaran datang ke tempat anda. Ketika mereka datang, juga tawarkan produk-produk lainnya.

4. Undang orang supaya datang ke tempat anda. Jika ada konser di kota anda, misalnya, ikutlah dalam penjualan tiketnya, anda akan dapat publisitas media gratis karena menjadi tempat penjualan tiket. Nama atau tempat usaha anda akan disebut di media dan orang akan datang ke tempat anda.Sambut mereka dan tawarkan produk anda.



Setelah anda melakukan kampanye pemasaran, langkah selanjutnya adalah menelusuri dari mana mereka tahu tempat anda. Tanyakan kepada mereka. Informasi tersebut sangat penting untuk mengetahui mana program pemasaran yang efektif dan mana yang kurang efektif. Kemudian, lakukan perubahan strategi berdasarkan hasil temuan tersebut.



Dari mana anda bisa memulai pemasaran?



Untuk mengawali, lakukan sendiri dan buat sendiri rencana pemasaran seperti mengontak sendiri lima atau sepuluh calon pelanggan yang potensial setiap hari, lima hari seminggu. Anda akan terkejut karena ternyata bisnis anda berkembang pesat. Jadi sebetulnya kita tidak perlu budget yang besar untuk pemasaran.

0 Response to "Tip Jitu Pemasaran UKM"

Post a Comment

Entri Populer

powered by Blogger | WordPress by Newwpthemes | Converted by BloggerTheme